3 Rekomendasi Aplikasi Desain Menu Makanan, Gampang Dipakai!

aplikasi desain menu makanan ainee

Setiap mengunjungi sebuah restoran, hal pertama yang dicari pelanggan pasti adalah daftar menu untuk menentukan makanan apa yang ingin mereka makan. Namun sayangnya, banyak sekali restoran yang masih belum mengupgrade menu mereka dan menyediakan desain menu yang kurang menarik. Padahal, ada banyak aplikasi desain menu makanan yang bisa digunakan secara mudah dan gratis.

Desain menu makanan memang terdengar seperti hal sepele, padahal cukup penting untuk sebuah bisnis kuliner. Desain menu makanan merupakan sebuah impresi pertama dari pelanggan ke bisnis kuliner Anda. Oleh karena itu, meski terlihat kurang penting, desain menu makanan dan efisiensi sebuah menu makanan merupakan hal penting yang patut Anda perhatikan.

Jika Anda ingin mulai mengupgrade desain menu makanan Anda namun bingung untuk mulai dari mana dan menggunakan aplikasi apa, simak artikel ini karena Anda akan mendapatkan rekomendasi aplikasi hingga tips mendesain makanan untuk meningkatkan bisnis kuliner Anda!

Baca juga: Serba-serbi dan Aspek Penting Menu Digital QR Code

Pentingnya Desain Menu Makanan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menu makanan adalah impresi pertama yang diberikan restoran Anda kepada pelanggan. Sebagai impresi pertama, tentunya Anda harus menyalurkan impresi yang baik. Caranya mudah sekali, yaitu dengan menyediakan desain menu makanan yang menarik sehingga pelanggan akan mendapatkan impresi yang bagus dari restoran Anda.

Desain menu makanan memang penting untuk menarik pelanggan dengan menawarkan desain yang menarik mata. Namun, selain itu, desain menu makanan yang baik juga bisa menguatkan branding restoran Anda. Mendesain sebuah menu makanan yang sesuai dengan tema restoran Anda akan otomatis memperkuat branding yang ingin disampaikan restoran Anda, membuat pelanggan semakin mudah mengingat resto Anda di masa depan.

Selain pentingnya desain menu makanan, Anda juga bisa coba mengonsiderasikan menggunakan menu digital. Menu digital memang tidak menonjolkan desain menu makanan, namun menu digital memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah kepraktisan yang ditawarkannya karena menu digital bisa membuat pelanggan Anda tidak perlu repot menunggu dan bisa langsung memesan lewat sebuah QR Code.

Menu digital juga menyediakan informasi yang lebih ringkas dengan tampilan yang lebih canggih. Sekali scan QR Code, pelanggan Anda bisa langsung melihat menu, memesan, bahkan langsung membayar tanpa menunggu untuk setiap transaksi yang mereka inginkan.

Tips Desain Menu Makanan

Mendesain menu makanan memang bukanlah hal mudah, apalagi jika Anda baru merintis bisnis kuliner. Oleh karena itu, simak beberapa tips desain menu makanan yang bisa Anda terapkan di bawah ini!

Baca juga: 5 Desain Menu Makanan Online, Menarik, dan Sesuai Branding

Konsisten Gunakan Tema, Warna, dan Font

Tips pertama yang bisa Anda terapkan dengan mudah adalah dengan menerapkan konsistensi dalam penggunaan tema, warna, font, dan lainnya. Jika Anda mendesain sebuah menu restoran, Anda harus menentukan tema yang cocok dan sesuai dengan restoran Anda. Jangan sampai gunakan tema yang bertabrakan atau jauh berbeda karena akan menyebabkan pelanggan kebingungan nantinya.

Anda juga harus konsisten dalam penggunaan warna dalam desain Anda. Jangan sampai Anda menerapkan warna pastel untuk desain keseluruhan, tapi warna untuk gambar atau ikon yang Anda gunakan justru berbeda jauh. Selain tidak nyambung, hal tersebut juga menyebabkan ketidaknyamanan untuk pelanggan ketika mereka melihat menu yang Anda persiapkan.

Yang terakhir, Anda juga harus konsisten dalam menggunakan font untuk menu Anda. Anda boleh menggunakan variasi font untuk nama, harga, atau keterangan menu, tapi usahakan untuk memilih jenis font yang masih sesuai dan cocok dimasukkan ke dalam desain menu makanan Anda.

Masukkan Foto atau Ikon

Sebuah menu makanan akan lebih menarik dengan adanya gambar atau ikon yang merepresentasikan makanan yang Anda sediakan. Ikon bisa Anda masukkan untuk penjelas atau penambah suasana dalam desain menu makanan Anda. 

Jika Anda memilih memasukkan foto makanan, usahakan Anda memasukkan foto makanan asli. Selain untuk mendukung menu makanan yang Anda sediakan, menggunakan foto asli juga untuk menghindari kekecewaan pelanggan jika makanan yang datang nantinya terlihat berbeda dengan apa yang ditampilkan di daftar menu. 

Masukkan Informasi Secukupnya, Jangan Berlebihan!

Memasukkan informasi sebuah makanan ke dalam daftar menu memanglah penting. Tapi ingat, masukkan secukupnya dan sewajarnya. Masukkan fakta dan informasi yang menurut Anda perlu diketahui pelanggan tanpa melebih-lebihkannya.

Jangan sampai karena ingin menarik pelanggan, Anda memasukkan informasi berlebihan yang jauh dari fakta aslinya. Bukannya menarik penggemar, langkah tersebut justru bisa mengurangi kepercayaan penggemar terhadap restoran Anda karena informasi yang Anda sediakan terkesan berlebihan dan sulit dipercaya.

Gunakan Menu Digital

Tips terakhir yang bisa Anda ikuti adalah dengan menggunakan menu digital untuk restoran Anda. Menu digital menawarkan Anda untuk membuat menu makanan Anda menjadi berbasis online dengan menggunakan sebuah QR Code. Dengan menu digital, Anda tidak perlu pusing memikirkan desain menu untuk restoran Anda karena menu digital menggunakan aplikasi atau website yang akan otomatis menyusun menu makanan Anda.

Menu digital menawarkan berbagai benefit untuk bisnis Anda. Mulai dari tidak perlunya desain menu sampai pemotongan biaya percetakan buku menu, alternatif menu digital bisa Anda gunakan jika Anda sudah kebingungan akan bagaimana cara membuat desain menu makanan yang menarik untuk restoran Anda.

Aplikasi Desain Menu Makanan

Jika Anda masih ingin mendesain menu makanan restoran Anda dan bingung menentukan aplikasi desain menu makanan gratis yang akan Anda gunakan, simak beberapa rekomendasi aplikasi desain menu makanan online di bawah ini!

Canva

Canva mungkin adalah aplikasi edit menu makanan yang paling banyak dan mudah digunakan. Dengan Canva, Anda bisa menemukan banyak sekali template desain menu makanan yang bisa Anda edit sesuka hati. 

Banyak juga ikon dan foto yang memungkinkan Anda untuk download template menu makanan gratis. Menyediakan layanan dalam aplikasi dan website, Canva bisa menjadi pilihan Anda untuk mendesain menu makanan untuk restoran Anda.

iMenuPro

Sama seperti Canva, iMenuPro bisa diakses lewat website atau aplikasi. Meski memiliki simbol i di  depan, iMenuPro tidak hanya tersedia di iOS, namun juga merupakan aplikasi membuat menu makanan di android.

iMenuPro cocok untuk pemula dalam bisnis kuliner karena Anda tidak perlu memikirkan desain dan tinggal memasukkan makanan-makanan serta harga yang sudah Anda persiapkan ke dalam desain daftar menu kosong yang ada di iMenuPro. Oleh karena itu, desain yang disediakan iMenuPro bisa dibilang merupakan desain menu makanan simple yang nanti bisa Anda edit lagi sesuka hati.

Adobe Spark

Rekomendasi aplikasi pembuat daftar menu makanan terakhir yang bisa Anda pilih adalah Adobe Spark. Adobe Spark adalah aplikasi terbaru Adobe yang khusus ke pemasaran dan branding. 

Menyediakan berbagai template gratis, Anda bisa dengan bebas edit menu makanan Anda sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengakses semua fitur dan template, Anda bisa menggunakan akun premium dengan biaya $10 per bulan.

Cara Membuat Menu Restoran Menjadi Menu Digital dengan Ainee

Jika Anda sudah kebingungan dengan desain menu restoran atau desain menu cafe online Anda, maka artinya Anda harus menggunakan menu digital. Menu digital membuat Anda tidak perlu memikirkan desain menu makanan yang sesuai dengan restoran Anda, dan Anda hanya tinggal memasukkan menu-menu makanan ke pembuat menu digital sekaligus QR Code, Ainee!

Dengan Ainee, Anda bisa mewujudkan menu digital Anda dengan mudah. Hanya tinggal memasukkan makanan-makanan yang termasuk ke daftar menu Anda, Anda sudah bisa mendapatkan QR Code untuk pemesanan sekaligus pembayaran. Menggunakan sistem scan, order, pay, Ainee akan memudahkan transaksi Anda dan pelanggan restoran Anda. Yuk, coba dan daftar Ainee gratis sekarang!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application