5 Tips Cara Foto Makanan, Dijamin Bikin Pembeli Ngiler!

cara foto makanan ainee

Dalam memulai sebuah bisnis kuliner, diperlukan sebuah strategi yang tepat dan perencanaan yang matang agar bisnis berjalan lancar termasuk dalam hal cara foto produk makanan untuk ditampilkan kepada konsumen. Foto harus dibuat semenarik mungkin sehingga menggugah selera konsumen. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana tips cara foto makanan yang menarik agar bisnis kuliner Anda dapat menarik banyak konsumen. Berikut ini akan dibahas mengenai tips cara foto produk makanan yang tepat untuk bisnis kuliner Anda, yuk, simak!

Baca juga: 8 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty Terbukti Cuan

Kegunaan Foto Makanan

Bisnis kuliner memang merupakan sebuah bisnis yang tidak akan pernah mati karena selama manusia masih hidup, manusia tetap butuh makanan. Hal inilah yang membuat bisnis kuliner menjadi usaha yang dipilih oleh para pebisnis. Meskipun menjanjikan, pengelolaan bisnis kuliner bukanlah sebuah perkara yang mudah

Pemilihan lokasi, memasak hidangan lezat, serta interior desain restoran yang menarik menjadi aspek penting dari suksesnya sebuah bisnis kuliner. Namun, ada satu hal yang sering dilupakan oleh para pemula bisnis kuliner yaitu foto makanan atau food photography. 

Food photography merupakan suatu aspek penting dalam bisnis kuliner karena foto produk makanan ini berperan dalam memikat para konsumen untuk membeli produk makanan Anda. Jika produk makanan yang ditampilkan menarik, tentu akan membuat para konsumen penasaran ingin mencoba rasa dari makanan tersebut. 

Sehingga, tidak heran jika saat ini banyak pebisnis makanan yang mengalokasikan sejumlah dana besar untuk membayar jasa photography makanan profesional demi menghasilkan photo produk makanan terbaik.

Hal ini juga karena masing-masing produk makanan pasti memiliki ciri khas tersendiri. contohnya, cara foto produk makanan kemasan pasti akan berbeda dengan cara foto makanan lainnya. Oleh karena itu, cara foto makanan yang bagus pastinya tidak boleh sembarangan. Diperlukan teknik serta pengetahuan yang cukup agar foto yang dihasilkan menarik dan menggugah selera konsumen.

Manfaat Foto Makanan dengan Menarik

Terdapat beberapa manfaat dari membuat sebuah foto makanan yang menarik untuk bisnis kuliner Anda. Berikut ini akan dibahas mengenai manfaat dari menggunakan sebuah foto makanan yang menarik. Yuk, simak di sini!

Memikat Pelanggan

Hal pertama yang pelanggan lakukan ketika mengunjungi sebuah restoran adalah melihat foto produk makanan di dalam buku menu untuk mempertimbangakn makanan apa yang akan dipesan. Itulah alasannya mengapa sebuah foto produk penting dalam bisnis kuliner. Foto produk yang menggiurkan tentu akan membuat banyak pelanggan terpikat untuk mencicipi menu makanan tersebut dan berdampak pada meningkatnya penjualan bisnis Anda.

Sarana Promosi

Foto produk makanan juga bisa dijadikan sebagai alat promosi yang baik untuk menarik banyak pelanggan. Anda dapat menampilkan foto produk makanan Anda di buku menu, brosur, website ataupun media sosial Anda untuk meningkatkan penjualan. Pada dasarnya, semakin menarik dan inovatif foto produk Anda, maka semakin besar pula foto tersebut dapat menggugah selera konsumen untuk mencoba makanan tersebut.

Membangun Identitas Bisnis 

Membangun branding perusahaan merupakan hal yang penting bagi bisnis Anda agar bisnis restoran Anda dapat menarik perhatian banyak konsumen. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan branding restoran Anda adalah melalui foto produk. 

Foto produk makanan yang ditampilkan sebuah restoran pastinya memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan restoran lain. Oleh karena itu, foto produk dapat menjadi sarana efektif untuk memperkuat branding bisnis kuliner Anda agar mudah diingat oleh pelanggan

Tips Cara Foto Makanan agar Menarik

Suguhan visual yang menarik dari sebuah foto produk makanan tentu akan menjadi daya pikat tersendiri bagi para konsumen terutama jika Anda menjalani bisnis kuliner online. Hal ini karena dalam bisnis online, konsumen mempertimbangkan untuk membeli produk makanan Anda melalui foto produk di dalam aplikasi. 

Oleh karena itu, cara foto makanan untuk jualan online harus diperhatikan dengan baik dan  pengambilan gambarnya pun tidak boleh asal agar hasilnya terlihat menarik dan menggugah selera, Berikut ini akan dibahas mengenai tips cara foto makanan aesthetic untuk bisnis kuliner Anda. Ayo, simak ulasannya disini!

Menggunakan Porsi Makanan yang Sedikit

Porsi makanan dengan jumlah yang lebih sedikit dapat memberikan sebuah gambar yang menarik karena konsumen dapat lebih banyak menaruh perhatian terhadap makanan tersebut dan tidak terganggu dengan hal yang lain. Oleh karena itu, berikanlah ruang yang cukup bagi konsumen untuk dapat melihat segala objek pada setiap foto produk makanan yang Anda tampilkan. 

Selain itu, semakin banyak objek yang ditampilkan dalam sebuah foto maka semakin sulit juga untuk konsumen fokus pada satu hal dan membuat gambar makanan menjadi kurang jelas. Itulah alasannya mengapa penting untuk mengurangi objek tidak perlu dalam foto produk Anda agar foto Anda menarik untuk dilihat.

Pencahayaan

Salah satu aspek penting dalam sebuah fotografi adalah pencahayaan. Jika memungkinkan, akan lebih baik untuk menggunakan cahaya matahari dalam memotret foto produk makanan Anda. Anda dapat memilih waktu antara pagi hari hingga sore hari dengan pencahayaan yang cukup untuk foto makanan sederhana di rumah.

Anda juga bisa menggunakan kamera smartphone Anda untuk memotret foto produk makanan. Tips cara foto makanan dengan kamera hp agar hasil gambar terlihat bagus adalah dengan menghindari penggunaan flash. Hal ini karena cahaya yang dihasilkan dari flash akan terlalu terang sehingga hasil fotonya menjadi kurang bagus dan sulit untuk diedit kembali.

Namun, jika Anda memutuskan untuk mengambil gambar di studio foto, maka Anda juga dapat menggunakan reflektor atau lighting untuk memantulkan cahaya ke makanan supaya makanan terlihat lebih menonjol. Usahakan pula untuk mengatur pencahayaan sedemikian rupa agar pencahayaan terlihat lebih alami.

Objek dalam Keadaan Diam

Dalam mengambil gambar foto makanan, pastikan bahwa objek produk makanan dalam keadaan statis atau diam. Hal ini bertujuan untuk mempermudah lensa kamera dalam menemukan titik fokus gambar sehingga foto yang dihasilkan pun akan tampak jauh lebih jernih dan jelas. 

Jika objek makanan bergerak, maka foto yang dihasilkan akan menjadi tidak stabil dan terlihat buram sehingga fokus foto produk nya pun tidak terlihat.  Agar produk tidak bergerak-gerak, Anda dapat meletakan produk di permukaan yang rata. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tripod untuk mencegah kamera bergoyang dan  mengganggu fokus foto produk makanan Anda. 

Gunakan Teknik KKB

Dalam food photography, terdapat satu teknik foto makanan yang banyak digunakan oleh para fotografer agar gambar yang dihasilkan bagus yaitu teknik Kanan, Kiri, Belakang (KBB). Teknik ini berarti Anda mengambil foto makanan 3 cm dari arah kanan, 9 cm dari arah kiri dan 12 cm dari arah belakang.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengambil gambar makanan dari arah depan karena angle ini akan terlihat kurang menarik di foto. Perhatikan juga pencahayaan serta tingkat ketajaman dari semua angle foto makanan agar hasil foto Anda memuaskan.

Pertahankan Warna Makanan

Tips cara memfoto makanan selanjutnya adalah dengan memastikan untuk mempertahankan warna asli dari makanan tersebut. Jangan gunakan tambahan warna yang terlalu mencolok dan membuat gambar terlihat tidak nyata dengan warna makanan aslinya. Gunakan efek sederhana yang memunculkan fokus pada makanan sehingga hasil foto menjadi tidak terlalu berlebihan dan lebih natural.

Aplikasi Edit Foto Makanan

Untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan foto produk sesuai yang Anda inginkan, terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil foto terbaik untuk produk makanan Anda. Aplikasi apa saja? Yuk, simak berikut ini!

Foodie

Seperti namanya, aplikasi Foodie memang dibuat untuk mengedit sebuah foto makanan menjadi jauh lebih menarik. Terdapat berbagai fitur serta filter yang disediakan untuk mempercantik hasil foto produk makanan Anda.

VSCO

Aplikasi VSCO awalnya populer digunakan untuk mengedit pemandangan alam namun belakangan ini VSCO juga dapat menjadi aplikasi edit penunjang untuk foto produk makanan Anda. Terdapat berbagai macam fitur serta filter yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Adobe Photoshop Fix

Aplikasi Adobe Photoshop Fix merupakan aplikasi yang cukup rumit dan dihindari oleh para pemula. Hal ini karena banyak sekali fitur yang mumpuni untuk mendapatkan hasil edit foto berkualitas tinggi. Adobe Photoshop Fix ini dapat menghasilkan foto yang smooth dan natural dengan saturasi pencahayaan yang dapat diatur manual.

Lightroom

Aplikasi lightroom juga sangat cocok digunakan untuk mengedit foto produk makanan Anda. Lightroom menyediakan bermacam jenis filter yang dapat membuat hasil foto Anda menjadi lebih menarik. 

Jadi, tidak perlu berada di studio untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus, foto makanan di rumah pun bisa memiliki kualitas sama dengan di studio.  Aplikasi ini juga cocok digunakan untuk para fotografer pro karena terdapat fitur editing foto yang lengkap untuk memaksimalkan hasil foto Anda.

Facetune

Jika dilihat dari namanya, aplikasi ini memang banyak digunakan untuk mengedit foto wajah. Aplikasi ini bisa jadi sebuah tips foto makanan di instagram yang menarik karena fitur didalam aplikasi ini juga sering dimanfaatkan oleh para pecinta makanan untuk mengedit foto makanan mereka sebelum diposting di media sosial. Aplikasi ini dapat memfilter bagian belakang foto makanan menjadi sedikit buram sehingga hasil foto akan fokus  pada produk makanan Anda.

Baca juga: 5 Desain Menu Makanan Online, Menarik, dan Sesuai Branding

Pindah ke Menu Digital Lebih Mudah Bareng Ainee 

Jika Anda telah memiliki foto makanan yang berkualitas untuk bisnis kuliner Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengubah buku menu anda menjadi menu digital untuk memudahkan konsumen dalam memesan makanan.

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat menu digital? Jangan khawatir, karena Ainee punya solusinya! Ainee menawarkan pembuatan menu digital dengan sistem QR Code untuk membantu pelanggan dalam memilih pesanan, hingga membayar pesanan sekaligus dengan hanya melakukan scan pada satu QR Code

Sistem scan, order, pay yang ditawarkan Ainee bisa menjadi solusi inovatif untuk bisnis kuliner Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, daftar dan coba Ainee gratis sekarang! 

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application