Engagement: Pengertian, Manfaat, dan Tips Meningkatkannya

Bagi pegiat bisnis tentu kata engagement tentu tidak asing lagi didengar. Terlebih engagement adalah sebuah istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis dan marketing. Sehingga, engagement artinya bisa dijadikan sebagai sebuah tolak ukur sebuah langkah bisnis dalam melakukan strategi digital marketing agar dapat mengetahui berapa besar jumlah minat audiens terhadap suatu produk.

Singkatnya engagement sangat penting untuk diperhatikan dalam sebuah bisnis. Menarik bukan? Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai apa itu engagement dan arti engagement di sini!

Apa yang Dimaksud dengan Engagement?

Dalam menjalankan bisnis di era ini tentu tidak lepas dengan yang namanya sosial media. Alasannya, karena sosial media terbukti ampuh bisa menjadi alat promosi yang paling cepat terlihat hasilnya. Di dalam sosial media marketing terdapat istilah engagement. Namun, sebenarnya apakah Anda sudah mengetahui engagement itu apa?

Engagement adalah sebuah indikator yang bisa digunakan dalam bisnis untuk melihat tingkat ketertarikan para audien mengenai sebuah akun media bisnis online. Penting untuk diketahui bahwa setiap marketer untuk meneliti beberapa aspek agar bisa menentukan jumlah akhir dari keterlibatan para audiensnya, seperti jumlah share, followers, komentar, dan like. Hal ini sudah menjadi indikator penting dalam pemasaran suatu perusahaan.

Mengapa hal tersebut dilakukan? Alasannya, karena setiap kegiatan dan juga keterlibatan pada audiens sangat penting dalam platform media sosial yang bertujuan menciptakan brand experience yang baik.

Oleh karena itu, engagement sangat berkaitan dengan customer engagement. Tapi, apakah Anda tahu apa itu customer engagement? Pengertian customer engagement menurut para ahli, yaitu Hans Willems adalah sebuah proses untuk melibatkan pelanggan dengan berinteraksi dengan sebuah  perusahaan atau brand dalam sebuah dialog dan pengalaman untuk mendukung pelanggan secara optimal. 

Nantiya, dialog tersebut akan membantu mempengaruhi keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian barang atau jasa dari perusahaan atau brand. Singkatnya, tugas customer engagement adalah mempengaruhi sisi psikologi pelanggan dalam membeli barang.

Apa Itu Engagement Rate?

Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah terbesit mengenai teori customer engagement yang bisa dijadikan sebagai salah satu ide strategi berjualan secara online melalui platform social media. Tapi, apakah Anda sudah yakin betul mengenai apa itu engagement rate?

Engagement rate adalah sebuah metrik yang berguna untuk mengukur interaksi audience terhadap suatu konten yang telah dibuat. Sehingga, engagement rate dapat dijadikan sebagai indikator customer engagement untuk melihat keberhasilan sebuah konten yang ada.

Indikator customer engagement rate pun terdapat beberapa macam. Mulai dari berapa lama audience membaca atau melihat konten, menyukai, berkomentar, membagikannya, melakukan tindakan sesuai perintah (Call to Action), dan sebagainya.

Faktanya, engagement rate setiap jenis bisnis tentu berbeda-beda. Sehingga, pengusaha atau pemilik brand tidak bisa asal membandingkan engagement rate akun milik sendiri dengan bisnis lain.

Namun, berdasarkan riset yang telah dilakukan, rata-rata engagement rate akun di Facebook adalah 0,09%. Sedangkan, pesaingnya Instagram, rata-rata engagement nya sebesar 1,6%. 

Cara Menghitung Engagement Rate

Membuat jurnal customer engagement ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Setiap perusahaan atau pemilik brand harus melakukan perhitungan engagement rate. Berikut formula perhitungan engagement rate yang bisa dicoba untuk menilai media marketing.

Cara Menghitung Engagement Rate Media Sosial

Ternyata, algoritmanya customer engagement jenius. Namun, perhitungan engagement rate postingan di media sosial lebih mudah terlihat. Alasanya, karena setiap interaksi yang dilakukan oleh followers dianggap sebagai indikator engagement rate, seperti like, komentar, dan share.

Formula menghitung engagement rate Instagram, yaitu:

Engagement Rate (%)=(Jumlah like+Comment/Impression) x 100.

Perlu diketahui bahwa impression adalah jumlah views pada setiap postingan. Jumlah impression postingan bisa dilihat melalui fitur View Insight setiap postingan di akun bisnis Instagram.

Cara Menghitung Engagement Rate Website

Selain media sosial ternyata bisa menghitung engagement rate website suatu bisnis. Formula untuk menghitungnya kurang lebih sama dengan engagement rate milik Instagram.

Formula menghitung engagement rate website, yaitu:

Engagement Rate (%)=(Engaged Users/Total Users) x 100.

Kemudian, cara menghitung engagement rate tidak hanya melalui cara di atas itu saja. Sebuah perusahaan atau brand bisa mengukur engagement berdasarkan waktu melalui Google Analytics. Berikut metrik pengukuran engagement rate melalui Google Analytics, yaitu:

  • Average Visit Duration merupakan persentase waktu kunjungan ke website bisnis.
  • Average Pages/Visit merupakan persentase waktu kunjungan per halaman.
  • Bounce Rate merupakan persentase pengunjung yang keluar halaman tanpa interaksi.

Beberapa Poin Penting yang Harus Diukur dalam Engagement

Ketiga situs media sosial yang sangat besar dan terkenal bahkan jumlah penggunanya paling terbanyak di dunia adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. Namun, setiap platform media sosial tersebut memiliki mekanisme sendiri untuk setiap penggunanya dalam mengekspresikan apresiasi di setiap post yang mereka lihat.

Beberapa hal yang harus diukur saat ingin melihat engagement di setiap media sosial tersebut, yaitu:

  • Facebook: Total jumlah like, share dan follower.
  • Instagram: Jumlah like dan follower.
  • Twitter: Jumlah retweet dan follower.

Total jumlah share dan like sebuah postingan bisa memberikan gambaran mengenai tingkat popularitas untuk post tertentu. Sedangkan, angka followers akan menunjukkan tingkat investasi yang lebih tingg. Sehingga, para audience ingin melihat lebih banyak berbagai konten di akun media sosial milik perusahaan atau brand. Sehingga, followers adalah salah satu faktor engagement yang berguna, seperti subscribe dalam email marketing.

Cara Meningkatkan Engagement Media Sosial

Secara realita, engagement adalah suatu hal yang tidak bisa ditingkatkan hanya dalam waktu yang singkat. Sehingga, setiap perusahaan atau brand harus memiliki strategi dan riset yang mendalam. Tujuannya untuk meningkatkan engagement di media sosial. Berikut cara meningkatkan engagement media sosial.

Menganalisis Engagement Secara Rutin

Menganalisis dalam bisnis adalah hal paling penting dalam memulai bisnis. Karena, dengan menganalisis engagement secara rutin dapat mengetahui perkembangan engagement sebuah perusahaan atau brand. 

Menganalisis engagement secara rutin bisa mulai dari jumlah followers, jumlah komentar, dan share yang diperoleh dalam setiap post, dan elemen lainnya yang harus diukur. Jika telah menganalisisnya mana bisa mengetahui kelebihan serta kekurangan dalam sebuah bisnis.

Menentukan Strategi yang Memadai

Setiap perusahaan atau brand tentu memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tentunya hal tersebut juga berlaku pada media sosial yang akan digunakan. Misalnya, sebuah brand skincare mempunyai strategi unik dalam mengembangkan angka keterlibatan audience. Target audience yang telah ditentukan adalah perempuan muda, maka mereka akan merilis brand identity yang cekatan, ceria, dan penuh warna.

Menciptakan Konten yang Interaktif

Membangun konten yang interaktif adalah cara untuk meningkatkan engagement media sosial. Seiring dengan berkembangnya waktu, para pelanggan tidak akan puas dengan konten yang hanya bersifat informatif saja. Oleh karena itu, perusahaan atau brand harus bisa membuat pelanggan ikut terlibat dan diutamakan, maka konten interaktif adalah pilihan yang tepat.

Melakukan Posting pada Jam Sibuk

Jam sibuk dalam setiap akun berbeda-beda. Namun untuk menentukannya bisa dengan melihat pada bagian insight jika akun Instagram sudah menjadi akun bisnis. Caranya adalah dengan klik bagian insight, audience, pengikut dan pilih jam.

Dari bagian insight ini bisa mempelajari jam beberapa followers melihat feed serta story akun Instagram. Sehingga, lebih baik melakukan posting pada jam tersebut. Lebih baik lagi, jika sudah memiliki jadwal untuk posting.

Memposting Konten Video

Saat memposting konten foto, umumnya para audiens hanya akan melihatnya sebentar, lalu pindah ke postingan lain ataupun ke akun instagram lain.

Namun, jika dapat memposting cerita dalam bentuk image yang bisa digeser beberapa kali atau yang biasa disebut dengan carousel dan dilengkapi dengan caption menarik, maka audience akan senang menghabiskan waktu lebih lama di feed. Begitu juga dengan video yang memerlukan waktu untuk menontonnya hingga selesai.

Mengelola Follower dan Membuat Mereka Setia

Mengelola followers sangat penting karena interaksi yang mereka lakukan pada akun Anda mampu memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan engagement.

Berarti perusahaan atau brand bisa mengajak follower untuk terlibat langsung dalam setiap konten yang diciptakan demi meningkatkan engagement. Caranya bisa dalam bentuk caption, siaran langsung di Instastory, atau IGTV, berbagi cerita, membuat kuis atau survey dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan, mengirim DM untuk beberapa hal yang sifatnya informatif.

Menggunakan Hashtag Secara Tepat Sasaran

Memanfaatkan hashtag yang populer agar jangkauan postingan bisa membuat jangkauan audience semakin luas. Namun, perlu diketahui bahwa semakin populer sebuah hastag, maka semakin banyak juga orang yang menggunakannya. Tetapi, tidak boleh gegabah dalam menggunakan hashtag yang berlebihan. Pastikan menggunakan hashtag yang memiliki keunikan atau menggunakan yang populer tetapi belum banyak digunakan.

Tingkatkan Engagement? Ya, Ainee Pilihannya, dong!

Meningkatkan engagement adalah hal yang penting diperhatikan oleh setiap perusahaan atau brand. Alasanya, karena engagement bisa memudahkan berjualan dan memasarkannya di media sosial. 

Mau tingkatkan engagement suatu bisnis? Anda bisa menggunakan Ainee sebagai solusinya. Terlebih Ainee memiliki banyak sekali manfaat, seperti mengolah data pelanggan dan manajemen pelanggan (CRM) hingga sistem loyalty untuk pelanggan! Jadi, nggak perlu ragu lagi, deh dengan Ainee! Yuk, daftar dan gunakan Ainee sekarang! 

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application