3 Rahasia Sukses Bisnis Kuliner, Pemula Wajib Tahu!

rahasia sukses bisnis kuliner ainee

Memulai sesuatu merupakan langkah besar dan sulit yang berani diambil beberapa orang, salah satunya adalah memulai bisnis. Bisnis memiliki berbagai jenis yang bisa dikembangkan sesuai dengan kemampuan seseorang. Salah satu bisnis yang banyak dipilih saat ini adalah bisnis kuliner. Oleh karena itu, banyak pula orang ingin tahu rahasia sukses bisnis kuliner untuk diterapkan di bisnis mereka.

Jika Anda merupakan salah satunya, maka Anda harus menyimak artikel ini untuk tahu rahasia sukses bisnis kuliner yang mungkin bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis kuliner baru Anda!

Baca juga: Loyalitas Adalah Hal Penting dalam Bisnis, Kenal Lebih Jauh!

Mengapa Memilih Bisnis Kuliner?

Memilih sebuah bisnis memang bukan perkara mudah. Ada kalanya Anda harus mengikuti passion agar bisnis yang Anda jalankan dapat Anda kelola dengan sepenuh hati. Namun, jika Anda ingin sebuah saran untuk memulai bisnis baru terlepas dari passion Anda, maka bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang bisa dicoba oleh semua orang.

Ingin memulai bisnis kuliner tapi masih ragu akan mengapa Anda harus memilih bisnis ini? Yuk, simak beberapa alasannya di bawah ini!

Tidak Akan Pernah Mati

Kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, papan, di mana sandang merupakan kebutuhan pakaian, papan merupakan kebutuhan tempat tinggal, dan pangan, merupakan kebutuhan makan. Dari kebutuhan manusia tersebut, sudah jelas bahwa salah satunya adalah makan. Semua manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan akan terus makan sampai mereka mati.

Oleh karena itu, selama manusia masih ada dan membutuhkan makanan, maka manusia pun butuh seseorang untuk menyediakannya. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang bergerak untuk menyediakan makanan kepada pelanggan. Melihat bagaimana bisnis ini terus berkembang dan tidak akan mati selama masih ada manusia yang membutuhkan makanan, bisnis kuliner bisa menjadi pilihan untuk Anda memulai bisnis baru!

Banyak Pilihan Bisnis

Bisnis kuliner tentu bukan bisnis yang terpaku pada satu jenis. Selain bisnis restoran atau cafe, bisnis kuliner juga memiliki berbagai macam pilihan lain, seperti bisnis catering, berjualan makanan ringan, minuman kekinian, dan masih banyak pilihan bisnis kuliner lainnya. Anda bahkan bisa menciptakan sebuah usaha baru dengan jenis makanan ciptaan Anda sendiri.

Bisa Dilakukan Siapa Pun

Memulai bisnis kuliner tidak menuntut Anda untuk memiliki skill spesifik, bahkan Anda pun bisa memulai bisnis kuliner meskipun Anda tidak memiliki skill memasak. Sebuah bisnis kuliner bisa dimulai oleh satu orang atau beberapa staff untuk membantu memasak atau menyajikan makanan yang Anda persiapkan.

Untuk urusan tempat, Anda tidak perlu langsung memulai di sebuah restoran. Anda bisa memulai lewat kedai kecil yang lebarnya hanya sepetak untuk kemudian Anda kembangkan ketika bisnisnya sudah mulai stabil.

Cara Memulai Bisnis Kuliner

Jika Anda sudah mengetahui alasan mengapa bisnis kuliner adalah bisnis yang tepat untuk Anda dan kini Anda ingin memulai bisnis kuliner dari nol, maka Anda perlu menyimak beberapa cara di bawah ini!

Persiapkan Kebutuhan Bisnis Kuliner Anda dengan Matang

Sebelum memulai bisnis kuliner, tentunya Anda perlu menyiapkan kebutuhan bisnis Anda. Pertama, tentukan bisnis kuliner seperti apa yang Anda inginkan. Anda bisa mencari jenis usaha kuliner yang paling laku atau membuat jenis bisnis Anda sendiri. Setelah Anda tahu jenis bisnis kuliner seperti apa yang Anda inginkan, Anda bisa memulai membuat business plan.

Business plan ini termasuk berapa modal awal usaha kuliner Anda, bagaimana Anda akan memasarkannya, siapa target pasar Anda, dan detail lainnya yang berkaitan dengan dimulainya sebuah bisnis. Kemudian, Anda bisa mulai mencari lokasi tempat dimulainya bisnis kuliner Anda. Atau jika Anda ingin memulai bisnis kuliner rumahan, Anda pun bisa belajar strategi bisnis kuliner rumahan yang kurang lebih sama.

Jika sudah menentukan tempat strategis, Anda juga harus merekrut karyawan, jika dibutuhkan, dan juga mencari supplier untuk memberi supply bahan yang Anda butuhkan untuk menjual makanan Anda. Jika semua sudah terlaksana, maka Anda pun siap membuka bisnis kuliner baru Anda.

Riset Kompetitor

Sebelum memulai bisnis kuliner, selain perlu belajar bisnis kuliner, Anda juga perlu melakukan riset kepada kompetitor yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis mereka dibanding Anda. Cari tahu sistem, kekurangan, dan kelebihan bisnis mereka agar Anda bisa menemukan celah untuk masuk ke pasar persaingan bisnis kuliner.

Anda juga bisa mempelajari bagaimana mereka mendapatkan pelanggan dan mempertahankan pelanggan mereka. Pastikan juga bisnis Anda memiliki ciri khas yang membedakan dengan kompetitor Anda.

Tentukan Strategi Promosi yang Tepat

Jika bisnis kuliner Anda sudah mulai terbentuk, Anda juga perlu melakukan promosi agar orang-orang tahu kalau ada sebuah bisnis kuliner baru di sekitar mereka. Untuk permulaan, Anda bisa membuat promosi pembukaan awal agar orang-orang tertarik dan mencoba makanan yang Anda tawarkan.

Setelah Anda memiliki beberapa pelanggan setia, Anda bisa mulai menerapkan strategi marketing baru yang tepat sasaran agar bisnis Anda semakin maksimal dan semakin banyak orang menjadi pelanggan setia Anda.

Baca juga: 8 Contoh Promosi Loyalty Program Adalah Trik Berhasil!

Rahasia Sukses Bisnis Kuliner

Jika Anda sudah memiliki bisnis kuliner atau baru mau memulai bisnis kuliner, rahasia sukses berikut ini mungkin patut untuk Anda simak!

Utamakan Pelanggan

Sejatinya, bisnis berpusat pada kepuasan pelanggan. Tidak terkecuali bisnis kuliner. Cara agar bisnis makanan sukses pun dengan mengutamakan pelanggan. Kenali kebutuhan mereka, kenali apa yang sedang ramai di pasaran, dan Anda bisa memulai bisnis sukses dari situ.

Setelah memulai bisnis, Anda harus tetap mengutamakan pelanggan. Kenyamanan mereka, kesukaan mereka, dan lainnya. Jika Anda ingin memulai bisnis kecil-kecilan pun, cara memulai usaha kuliner kecil-kecilan yang harus Anda ikuti agar sukses pun sama.

Teruslah Berinovasi

Dalam bisnis kuliner, kreativitas adalah salah satu cara memulai bisnis makanan agar bisnis Anda dapat bersaing dan bertahan. Meskipun Anda sudah menemukan ciri khas bisnis Anda di awal, jangan pernah berhenti untuk terus berinovasi. Waktu terus berjalan, oleh karena itu, preferensi pelanggan pun pasti terus berubah. Jangan sampai bisnis Anda kehilangan pelanggan karena kurangnya inovasi yang Anda ciptakan.  

Kembangkan Bisnis Anda

Jangan pernah takut untuk berkembang. Meskipun Anda memulai bisnis Anda secara kecil-kecilan, Anda harus terus mengembangkan bisnis Anda hingga menjadi lebih besar daripada ketika Anda memulainya. Selain mengembangkan bisnis secara offline, Anda juga bisa mengikuti bisnis kuliner anak muda zaman sekarang dengan menerapkan bisnis online.

Cara berjualan makanan online untuk pemula sebenarnya mudah. Cara memulai bisnis makanan online yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan bisnis kuliner Anda ke aplikasi pesan makanan online yang akan memudahkan lebih banyak pelanggan menjangkau bisnis kuliner Anda. 

Selain itu, cara memulai bisnis kuliner online yang bisa Anda kembangkan adalah dengan menjual versi frozen dari makanan yang Anda sajikan. Dengan menjualnya secara frozen, Anda bisa memanfaatkan online marketplace untuk menjangkau pelanggan dari seluruh negeri.

Upgrade Bisnis Kuliner Anda dengan Ainee

Anda sudah yakin ingin berbisnis kuliner setelah tahu cara berbisnis makanan dan keunggulannya? Tapi, Anda bingung bagaimana menjadikan bisnis kuliner Anda unggul daripada yang lain? Tenang saja, Ainee adalah solusi untuk kekhawatiran Anda!

Apa itu Ainee? Ainee merupakan platform yang akan membantu Anda memajukan bisnis kuliner Anda dengan dua fitur andalannya, yaitu Ainee Membership dan Ainee Menu. Ainee Membership akan membantu Anda mengelola pelanggan, sementara Ainee Menu akan membantu Anda meningkatkan kinerja bisnis kuliner Anda dengan menu digital berbasis QR Code. Mudah digunakan untuk pemula, yuk, coba dan daftar Ainee gratis sekarang!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application