Sign Up
Faqs > General

3 Tips Gunakan Metode Cashback untuk Tarik Pelanggan

Cashback adalah salah satu hal yang paling senang didengar oleh pembeli. Terlebih cashback adalah bagian dari strategi pemasaran atau marketing. Dalam prakteknya cashback juga bisa menjadi pembelian yang hemat bagi konsumen. Tapi, apakah Anda sudah mengetahui apa itu cashback?

Penasaran mengenai apa yang dimaksud cashback? Yuk, scroll ke bawah untuk mengetahui lebih lengkap mengenai arti cashback dan apa itu cashback pulsa di sini!

Apa Itu Cashback?

Faktanya, berbagai macam promo menarik dari suatu brand yang bertujuan untuk mendapatkan konsumen baru atau sekedar mempertahankan pelanggan lama. Salah satu caranya adalah dengan memberikan promo cashback. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan cashback?

Cashback adalah suatu penawaran yang brand tawarkan dan berikan kepada pembeli melalui persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk, tetapi dengan syarat yang terpenuhi dan ditentukan oleh pihak brand atau penyelenggara cashback.

Sehingga, apa arti cashback bisa dimaknai sebagai hadiah yang didapatkan oleh pembeli dari suatu brand. Saat ini cashback tidak hanya berupa uang tunai atau digital. Cashback dapat diberikan dalam bentuk koin digital maupun. Tapi, apakah apa itu voucher cashback itu sama dengan diskon? Padahal diskon hanya potongan yang diberikan di awal dan sudah pasti potongan harga.

Sementara uang atau poin yang didapat dari apa itu cashback hanya bisa digunakan untuk transaksi selanjutnya yang bisa disimpan sebagai deposit. Paling umum dari contoh cashback adalah cashback Gopay.

Kelebihan Cashback dalam Bisnis

Cara menggunakan cashback tentu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Setiap orang yang mendapatkan promo cashback bisa mendapatkan memanfaatkannya sebaik-baik mungkin. Sehingga, Anda bisa menikmati kelebihan dan keuntungan yang bisa dirasakan. Berikut kelebihan atau keuntungan cashback dalam bisnis.

Memperluas Jangkauan Bisnis

Mulai memberikan promo cashback bagi pembeli atau pelanggan ternyata bisa memperluas jangkauan bisnis. Lebih banyak calon pembeli berarti terdapat juga pembeli yang potensial dari menarik promo cashback. Sehingga, dengan promo cashback bisa menarik konsumen dan pelanggan setia yang tidak terhitung jumlahnya.

Hemat Biaya

Memberikan cashback pada konsumen atau pelanggan tentu bisa memberikan dampak positif bagi konsumen dan pelanggan karena menghemat biaya. Kemudian, cashback juga bisa menjadi salah satu cara menghemat biaya operasional lebih rendah. 

Meningkatkan Loyalitas Konsumen dan Pelanggan

Cashback maupun reward adalah bagian dari strategi pemasaran yang efektif. Namun, cashback lebih baik jika dibandingkan dengan pemberian reward kepada konsumen dan pelanggan. 

Secara psikologis, memang cashback akan terasa sebagai penghargaan atau reward. Sehingga, bisa berdampak positif kepada konsumen dan pelanggan yang ingin bertransaksi kembali pada suatu brand. Singkatnya, cashback juga mampu meningkatkan loyalitas konsumen dan pelanggan.

Tujuan Cashback

Melalui cashback Anda tentu bisa menikmati kelebihan yang bisa dirasakan. Sistem cashback bisa dibilang sebagai strategi marketing agar konsumen atau pelanggan bersedia mengeluarkan uangnya kembali untuk berbelanja produk yang mereka inginkan sesuai brand yang menyelenggarakannya.

Konsumen atau pelanggan akan merasa mereka bisa lebih menghemat uang pada pembelian selanjutnya. Sedangkan, pihak brand atau toko akan mendapatkan pelanggan yang loyal untuk brand atau toko onlinenya.

Simulasi Cashback

Mungkin Anda sudah sering memperhatikan cashback di beberapa marketplace yang digunakan, seperti Shopee dan Tokopedia. Tapi, apa itu cashback di Shopee dan apa itu cashback Tokopedia.

Jika ingin memudahkannya, maka diperlukan simulasi cashback. Misalnya, sebuah brand memberikan promosi cashback sebesar 5% untuk setiap pembelian pulsa token listrik. Memanfaatkan promo tersebut, Andi bisa melakukan pembelian toko listrik seharga Rp100.000. Setelah pembelian berhasil, Andi mendapatkan cashback sebesar Rp10.000 yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi harga pembelian produk yang dibeli selanjutnya.

Skema cashback tentu bisa berbeda untuk setiap program dan brand. Biasanya terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti minimal pembelian dan cara mendapatkannya. Sehingga, sangat penting sekali untuk membaca semua syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan pembelian dan menggunakan promo tersebut. 

Jenis-Jenis Cashback

Setelah mengenal definisi cashback dan kelebihannya kurang pas jika tidak mengetahui jenis-jenis cashback. Ada banyak jenis-jenis program atau promo cashback yang ada. Namun, secara umum jenis-jenis cashback di bawah ini sudah banyak ditemukan. Berikut jenis-jenis cashback yang bisa Anda coba.

Cashback Kartu Kredit dan Debit

Cashback kartu kredit dan debit adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu bank tertentu yang memberikan keuntungan bagi nasabahnya. Sehingga, saat nasabah menggunakan kartu kredit atau debit dalam sebuah transaksi tertentu, maka nasabah tersebut berhak mendapatkan pengembalian sejumlah uang dalam nominal tertentu.

Semakin besar transaksi yang dilakukan oleh nasabah, maka semakin besar pula jumlah uang yang dapat dikembalikan. Bahkan, jika nasabah mengumpulkan uang pengembalian tersebut dan sesuai dengan harga dari suatu produk bisa mendapatkan produknya secara gratis. Sehingga, hal tersebut bisa diibaratkan sebagai apa itu cashback 100 persen.

Cashback Toko Online

Cashback toko online adalah suatu program yang memberikan keuntungan bagi pihak toko online dengan pengembalian sejumlah uang jika konsumen atau pelanggan melakukan pembelian barang di online shop tersebut. Misalnya, seorang konsumen atau pelanggan berbelanja Rp300.000 atau ketika membeli barang dalam jumlah tertentu.

Cashback online biasanya memberikan promo berupa pengembalian uang tunai secara langsung, tetapi pihak toko online memberikan cashback untuk digunakan pada transaksi pembelian berikutnya untuk mendapatkan potongan sekian persen sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cashback Properti

Cashback property adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu pengembang atau developer property yang memberikan keuntungan. Sehingga, pemilik properti akan memberikan cashback jika konsumen membeli properti yang mereka jual baik itu rumah, apartemen, ruko, dan lainnya. 

Biasanya pemilik properti memberikan cashback dalam bentuk suatu barang sebagai pelengkap properti yang dibeli, misalnya TV, AC, lemari es, dan sebagainya.

Cashback Kendaraan Bermotor

Cashback kendaraan bermotor juga hampir mirip dengan cashback property. Cashback kendaraan bermotor adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan pembiayaan atau leasing yang memberikan keuntungan. Biasanya perusahaan leasing akan memberikan cashback dalam bentuk suatu barang, misalnya laptop, handphone, tablet, dan lain sebagainya.

Tips Menggunakan Cashback untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ketika membuat cashback untuk meningkatkan loyalitas pelanggan tentu harus memperhatikan hal-hal penting agar cashback tersebut bisa berjalan optimal dan efektif. Berikut tips menggunakan cashback untuk meningkatkan loyalitas pelanggan

Menentukan Konsep Cashback agar Tetap Untung

Menentukan konsep cashback yang tepat tentu sangat efektif untuk menghindari kerugian. Setiap jenis dan konsep cashback yang dibuat perlu memiliki tujuan yang jelas agar cashback berjalan efektif dan perusahaan atau brand tetap untung. Promo cashback besar-besaran memang terlihat menarik, namun belum tentu cocok dengan tujuan yang ingin perusahaan atau brand yang ingin dicapai.

Menggunakan Cashback yang Paling Banyak Digunakan

Apakah setelah menentukan konsep cashback sudah mengetahui tujuannya? Tujuan cashback dapat memberikan target dan motivasi ketika proses promo cashback berlangsung. Tujuan promosi juga sebagai acuan dalam mengevaluasi hasil cashback nantinya.

Menganalisa dan Evaluasi Efektivitas Cashback yang Dijalankan

Mengetahui cashback menarik yang dijalankan efektif atau tidak, maka perlu analisis dan evaluasi. Jadi, setelah menjalankan suatu cashback dalam bisnis jangan berhenti sampai disini saja. Kumpulkan data dan informasi yang berhubungan dengan proses cashback tersebut. 

Mau Tarik Pelanggan? Pakai Ainee Aja!

Cashback memang terbukti bisa mendatangkan konsumen baru dan mempertahankan pelanggan. Namun, ada cara lain untuk menarik pelanggan dengan strategi yang bisa Anda buat. Melalui Ainee, Anda bisa mengolah data pelanggan dan mengubahnya menjadi strategi menarik pelanggan. 

Selain itu, melalui Ainee Anda bisa memanfaatkannya secara gratis, lho! Mantap betul, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan bisnis Anda dengan Ainee!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application