Sign Up
Faqs > General

6 Contoh Loyalitas Pelanggan 100% Berhasil, Bisa Ditiru!

Menjalankan bisnis tentu Anda akan berhadapan dan berlomba-lomba memenangkan persaingan usaha. Hal tersebut mendorong pemilik bisnis untuk selalu mempertahankan loyalitas pelanggan dalam meningkatkan penjualan mereka. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui contoh loyalitas pelanggan untuk memenangkan persaingan usaha.

Menarik bukan? Yuk, scroll ke bawah untuk cari tahu lebih banyak tentang informasi seputar apa itu loyalitas konsumen dan contoh loyalitas konsumen di sini! Pastinya bisa membantu Anda untuk mempertahankan konsumen Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Loyalitas Pelanggan?

Sebelumnya sudah disinggung mengenai loyalitas yang dapat memenangkan persaingan usaha dalam mempertahankan konsumen. Tapi, apakah Anda tahu apa itu loyalitas pelanggan?

Loyalitas pelanggan adalah kondisi seorang pelanggan atau konsumen yang secara teratur atau tetap melakukan pembelian pada suatu bisnis. Hal tersebut karena loyalitas konsumen dapat memberikan informasi dan tolak ukur bagi seorang pebisnis dalam memprediksi penjualan dan pembelian yang tetap.  

Oleh karena itu, Anda tidak perlu heran jika para pebisnis melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian konsumen tetap. Memiliki konsumen yang tetap atau loyal terhadap bisnis yang dijalankan akan membuat bisnis tetap kokoh dalam berbagai situasi. Nantinya konsumen bisa menjadi penyokong bisnis saat bisnis sedang mengalami gejolak ekonomi.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa karakteristik pelanggan yang memiliki rasa loyalitas terhadap sebuah perusahaan, yaitu:

  • Tidak secara aktif mencari supplier yang berbeda.
  • Bersedia merekomendasikan brand ke keluarga, teman, dan kenalan.
  • Tidak terbuka terhadap penawaran dari perusahaan kompetitor.
  • Terbuka untuk barang atau layanan lain yang disediakan oleh bisnis tertentu.
  • Memahami ketika masalah terjadi dan mempercayai bisnis untuk memperbaikinya.
  • Menawarkan umpan balik mengenai sebuah brand untuk meningkatkan produk atau layanannya.
  • Terus menerus membeli dari sebuah brand selama ada kebutuhan.

Setelah itu, Anda juga mengetahui apa itu program loyalitas? Alasannya, karena program loyalitas adalah salah satu strategi digital marketing strategist yang selalu digunakan suatu perusahaan. Tujuan dari program loyalitas untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Singkatnya, program loyalitas Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya dapat mendorong pelanggan agar setia berinteraksi dengan perusahaan atau melakukan pembelian produk.

Contoh Loyalitas Pelanggan

Beberapa orang mengatakan bahwa program loyalitas pelanggan adalah sebuah cara paling efektif dalam mempertahankan pelanggan dan bisa juga digunakan untuk menggaet konsumen baru. Terlebih contoh kasus loyalitas pelanggan dalam sebuah brand sangat mempengaruhi bisnis mereka.

Jika belum menemukan contoh loyalitas konsumen, Anda bisa menggunakan contoh loyalitas pelanggan brand besar yang ada di Indonesia. Berikut contoh loyalitas pelanggan yang bisa Anda ikuti.

Starbucks Rewards Program

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu brand kopi terkenal ini. Gerainya telah hadir di berbagai macam belah dunia. Terlebih Starbucks telah meluncurkan loyalty program yang bisa disebut My Starbucks Rewards. 

Loyalty yang Starbucks lakukan ini hanya dapat diakses pelanggan melalui smartphone karena berbasis mobile. Jika ingin mendapatkan point reward Starbucks, konsumen harus memesan sekaligus melakukan pembayaran melalui aplikasi My Starbucks Rewards. Sehingga, Starbucks bisa mendapatkan informasi pelanggan untuk memberikan promosi.

Gopay Points by GoTo Groups

Tokopedia sebagai salah satu marketplace yang ada di Indonesia juga turut memberikan contoh contoh loyalitas dalam perusahaan melalui TokoPoints. Terlebih jika konsumen ingin mengikutinya bisa langsung menjadi member. 

Namun, seiringnya berjalan waktu sekarang berubah namanya menjadi Gopay Points dan keuntungan yang diperoleh penggunanya sangat banyak. Nantinya pengguna bisa menggunakannya pada aplikasi Gojek juga, lho!

Loyalty Program Shopee

Shopee sebagai marketplace pertama yang senang memberikan program gratis ongkir juga memberikan loyalitas pelanggan dalam bentuk membership dan rewards koin Shopee. Bagi membership, Anda hanya perlu melakukan misi pembelanjaan produk pada aplikasi Shopee. Tetapi jumlah belanja berbeda di setiap masing-masing kartu member.

Sedangkan, koin Shopee bisa Anda dapatkan berupa cashback pembelanjaan, daily check in, dan daily prize

SOCO Points Loyalty Program

Selain marketplace, seperti Tokopedia dan Shopee, bisnis ritel juga bisa memberikan program ini untuk pelanggan setianya. Aplikasi Sociolla memberikan loyalitas pelanggan melalui aplikasi SOCO, seperti menulis review, artikel, hingga mengikuti campaign. Sehingga, Anda tidak perlu bingung untuk membuat program ini untuk pelanggan setia.

Membership Ponta Alfamart

Alfamart dengan maskot lebahnya turut meramaikan program loyalitas. Alfamart Group juga memberikan program loyalitas yang mereka namakan, Ponta. Sistem program loyalitas miliki Alfamart ini berbentuk point. 

Nantinya pengguna akan memiliki kartu membership dan akan mendapatkan point saat melakukan pembelian. Dari point ini juga bisa Anda tukarkan dengan item spesial dan tersedia banyak sekali promo yang ditawarkan.

Customer Loyalty Program MAPCLUB

Terakhir, MAP sebagai ritel bisnis pakaian dari brand-brand ternama juga ikut memeriahkan prorgam loyalitas. MAP memberikan penawaran kepada pelanggan setianya berupa membership MAPCLUB. Melalui membership MAPCLUB pelanggan bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti rewards dan tukar point.

Terlebih membership MAPCLUB bisa digunakan di semua merchant Mitra Adiperkasa. Jika mendaftar, Anda bisa mendapatkan harga menarik dari brand terkemuka, lho!

Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Pelanggan?

Sebelumnya sudah disinggung jika kesuksesan bisnis juga dipengaruhi pada loyalitas pelanggan. Idealnya pelanggan yang setia akan berulang kali membeli produk atau menggunakan layanan brand tersebut. Walaupun mungkin tidak membeli dalam jumlah yang banyak, tapi karena dilakukan berulang kali.

Nah, loyalitas tersebut tidak bisa muncul dengan mudah begitu saja. Meskipun Anda memiliki kualitas produk yang baik tentu tidak cukup. Harus ada ekstra effort yang Anda lakukan untuk menarik hati pelanggan. Berikut cara membangun loyalitas pelanggan.

Mengenali Pelanggan dan Menunjukkan Hal Tersebut

Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Hal tersebut juga berlaku untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Anda bisa menggunakan database sebuah brand yang berisi informasi tentang pelanggan, mulai dari nama, tanggal lahir, hingga history pembelian mereka. Kemudian, saat momen yang pas Anda bisa mengirimkan email berisi ucapan ulang tahun dan memberikan mereka voucher sebagai hadiah.

Follow Up Setelah Penjualan

Sebagai pemilik sebuah brand, Anda juga harus menciptakan loyalitas pelanggan dengan cara melakukan follow up setelah pelanggan membeli produk. Bisa dengan mengirimkan email untuk sekedar mengucapkan terima kasih atau mengirimkan link survei.

Jangan Abaikan Komplain yang Masuk

Mendengar kata komplain mungkin terkesan membebani Anda sebagai penjual. Karena komplain selalu berkaitan dengan keluhan. Pastinya mengatasi hal tersebut bisa rumit, tapi jangan mengabaikannya. Anda harus menanggapinya dan sesegera mungkin untuk mengatasi masalah yang pelanggan hadapi. Buat sedemikian cara agar pelanggan bisa mendapatkan solusi dari masalah mereka.

Memberikan Rewards yang Pantas

Meskipun loyal terhadap sebuah brand terkadang mereka juga merasa bosan dan tidak tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan cara memberikan reward kepada mereka. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai bentuk rasa terima kasih dan tersanjung dengan loyalitas yang diberikan oleh pelanggan Anda.

Cari Tahu Cara Tingkatkan Loyalitas dengan Ainee

Tahukah Anda, loyalitas pelanggan ternyata bisa membuat bisnis berhasil? Ya, jelas bisa, dong! Alasannya, karena loyalitas pelanggan bisa mendatangkan cuan dengan cara mudah. Apalagi kalau Anda menggunakan Ainee yang punya segudang manfaat, seperti sistem manajemen pelanggan yang bisa mengolah data pelanggan.

Selain itu, Ainee juga menyediakan sistem manajemen pelanggan (CRM) hingga sistem loyalty untuk pelanggan. Jadi, engga usah ragu lagi, deh! Yuk, segera daftarkan bisnis Anda dengan Ainee!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application