Sign Up
Faqs > General

Mau Bisnis Oke? Kenali Seluk Beluk Loyalty Customer!

Loyalty dari konsumen adalah bagian dari hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha atau pemilik brand. Alasannya, karena customer loyalty bisa meningkatkan cuan yang bisa didapatkan.

Faktanya, hubungan jangka panjang antara customer dengan pengusaha atau pemilik bisnis memang terbukti menawarkan banyak keuntungan bagi sebuah bisnis. Apa lagi sengitnya persaingan bisnis dan preferensi konsumen,menjadikan customer loyalty semakin terlihat lebih penting.

Menarik bukan? Yuk, scroll ke bawah untuk mengetahui informasi mengenai apa itu loyalty di sini!

Apa yang Dimaksud dengan Loyalty?

Sebagian dari Anda mungkin sudah sangat sering mendengar istilah loyalty. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan loyalty? Secara umum, arti loyalty adalah sebuah kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau suatu organisasi yang bisa terlihat melalui sikap dan tindakan orang tersebut.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa loyalty customer adalah suatu mutu dari rasa setia seseorang terhadap pihak lain yang bisa ditunjukkan melalui pemberian dukungan dan kepatuhan yang teguh serta konstan kepada seseorang atau sesuatu.

Berbeda halnya pengertian loyalty secara etimologi. Istilah loyalty sebenarnya diambil dari bahasa Perancis yaitu “Loial” yang berarti mutu dari rasa dan sikap setia. Sehingga, secara lengkap loyalty adalah sesuatu yang berhubungan dengan emosional manusia dan untuk mendapatkan rasa setia seseorang, maka harus bisa mempengaruhi sisi emosional orang tersebut.

Jadi, sikap loyalty atau behavior loyalty adalah tingkat kesetiaan seseorang yang tercermin dalam perilaku konsumen terhadap suatu brand yang dilakukan dengan pembelian berulang-ulang.

Biasanya penggunaan istilah loyalitas bisa ditemukan di bidang marketing, bisnis, dan juga organisasi. Sehingga, istilah loyalitas bisa dikerucutkan lagi dalam marketing dan bisnis yang berarti kemauan pelanggan atau konsumen untuk terus membeli dan menggunakan produk suatu perusahaan dalam jangka panjang.

Kemudian, untuk mendapatkan loyalitas dari konsumen, maka pengusaha atau pemilik brand tentu akan melakukan sebuah program, yaitu loyalty program. Tapi, apakah Anda sudah mengetahui apa itu loyalty program? Loyalty program adalah sebuah program dari strategi dalam melakukan digital marketing yang biasa diadakan oleh perusahaan untuk menarik perhatian konsumen.

Arti Loyalitas Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui secara singkat mengenai apa itu loyalty, ada baiknya juga Anda mengetahui secara jelas mengenai loyalitas menurut para ahli. Berikut arti loyalitas menurut parah ahli.

Kotler dan Keller

Menurut Kotler dan Keller, definisi loyalitas adalah sebuah komitmen yang bisa dipegang secara mendalam untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang disukai di masa yang akan datang.

Fandy Tjiptono

Menurut Fandy Tjiptono, definisi loyalitas adalah sebuah komitmen yang pelanggan buat terhadap sebuah brand, toko, dan supplier berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten.

Gramer dan Brown

Menurut Gramer dan Brown, definisi loyalitas adalah sebuah tingkatan sejauh mana seorang konsumen menunjukkan perilaku pembelian berulang, sikap positif, dan menggunakan produk dari sebuah brand dalam jangka waktu yang panjang.

Jill Griffin

Menurut Gramer dan Brown, definisi loyalitas adalah suatu perilaku pelanggan yang melakukan pembelian secara rutin atau berulang. Hal tersebut didasarkan pada unit pengambilan keputusan.

Hermawan Kartajaya

Menurut Hermawan Kartajaya, definisi loyalitas adalah suatu ekspresi dari sebuah kebutuhan dasar manusia untuk memiliki, mendukung, merasa aman, membangun keterikatan, dan menciptakan keterikatan emosional

Karakteristik Loyalitas Konsumen

Jika ingin mengetahui apakah seorang pembeli atau konsumen memiliki loyalitas terhadap bisnis yang Anda punya, maka Anda harus mengetahui sikap yang mereka tunjukkan terhadap produk yang ditawarkan. Berikut aspek-aspek atau karakteristik dari loyalitas konsumen!

Melakukan Pembelian Ulang secara Teratur

Konsumen melakukan pembelian baik online maupun offline secara berulang terhadap suatu produk tertentu. Misalnya, seorang pecinta brand Carhartt akan membeli work pants baru setiap model Carhartt yang terbaru.

Membeli Antar Lini Produk dan Jasa

Konsumen tidak hanya membeli jasa dan produk utama, tetapi konsumen juga membeli lini produk dan jasa dari perusahaan yang sama. Misalnya, seorang pecinta brand Carhartt tidak hanya akan membeli work pantsnya saja, tetapi mereka juga membeli produk Carhartt yang lain, seperti jaket, baju, dan sebagainya.

Mereferensikan kepada Orang Lain

Konsumen melakukan komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth) berkenan dengan produk tersebut. Misalnya, seorang pecinta brand Carhartt yang sudah lama menggunakan produknya akan menceritakan mengenai keunggulan dari Carhartt ke temannya agar mereka tertarik.

Menunjukkan Kekebalan terhadap Tarikan dari Pesaing

Konsumen menolak untuk menggunakan produk atau jasa alternatif yang ditawarkan oleh kompetitor. Misalnya, seorang pecinta brand Carhartt menolak untuk menggunakan produk dari kompetitor lain. Bahkan mereka juga cenderung menolak untuk mengetahui jenis-jenis produk lainnya.

Faktor Penentu Loyalitas Konsumen

Terlebih loyalitas seseorang didapatkan karena adanya faktor emosional sehingga mereka bersikap dan bertindak setia terhadap pihak lain. Berikut faktor penentu loyalitas konsumen yang bisa didapatkan dalam mempengaruhi sisi emosional.

Tingkat Kepuasan (Satisfaction) 

Kepuasan pelanggan merupakan pengukuran gap antara harapan pelanggan dengan kenyataan yang mereka terima atau yang dirasakan.

Ikatan Emosional (Emotional Bonding)

Pelanggan dapat terpengaruh oleh sebuah brand yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga pelanggan dapat diidentifikasikan dalam sebuah brand, karena sebuah brand dapat mencerminkan karakteristik konsumen tersebut. Ikatan yang tercipta dari sebuah brand ialah ketika konsumen merasakan ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang menggunakan produk atau jasa yang sama.

Kepercayaan (Trust)

Keinginan seseorang untuk mempercayakan perusahaan atau sebuah brand untuk melakukan atau menjalankan sebuah fungsi.

Kemudahan (Choice Reduction and Habit)

Pelanggan akan merasa nyaman dengan sebuah kualitas produk dan brand saat situasi mereka melakukan transaksi memberikan kemudahan. Bagian dari loyalitas konsumen seperti pembelian produk secara teratur dapat didasari pada akumulasi pengalaman setiap saat.

Pengalaman dengan Perusahaan (History with Company)

Pengalaman seorang pelanggan pada perusahaan dapat membentuk perilaku. Ketika mendapatkan pelayanan yang baik dari perusahaan, maka mereka akan mengulangi perilaku pada perusahaan tersebut.

Mengapa Customer Loyalty Penting?

Ternyata dalam sebuah perusahaan atau pemilik brand sangat penting memiliki customer loyalty. Tapi, apakah Anda tahu mengapa customer loyalty penting? Berikut alasan mengapa customer loyalty penting.

Tidak Memakan Lebih banyak Biaya

Menarik konsumen baru memang mudah dengan menggunakan promosi, tetapi membutuhkan biaya yang lumayan banyak. Berbeda halnya dengan mempertahankan pelanggan yang telah ada lewat berbagai program. Namun, biayanya lebih rendah daripada biaya untuk mendapatkan konsumen baru.

Memberi Lebih Banyak Pendapatan

Jika seorang konsumen telah percaya dengan produk atau layanan Anda, maka mereka tidak akan ragu untuk membayar lebih untuk itu. Lalu, mereka akan melakukan pembelian lebih sering daripada konsumen baru. Hal tersebut pastinya bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Berperan sebagai Duta bagi Bisnis

Seorang konsumen yang loyal dan merasa puas terhadap suatu produk atau layanan cenderung akan merekomendasikan kepada orang di sekitar mereka. Melalui cara ini, customer loyalty dapat mendatangkan konsumen baru bagi bisnis. Selain itu, adanya konsumen yang loyal berarti tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang berlebih.

Memiliki Pengaruh Positif terhadap Kinerja Karyawan

Tentunya akan lebih sederhana bagi karyawan untuk berhadapan dengan konsumen yang puas, daripada pelanggan yang komplain karena pelayanan dirasa kurang. karyawan yang bekerja di perusahaan yang dihargai oleh para konsumen serta akan lebih produktif karena suasana di tempat kerja yang mendukung.

Mengurangi Biaya Bantuan Konsumen

Adanya konsumen yang loyal akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk bantuan konsumen. Alasannya, karena mereka terbiasa dengan layanan atau produk Anda, tentunya mereka tidak membutuhkan banyak bantuan seperti halnya konsumen baru.

Cara Membangun Customer Loyalty

Pasti Anda penasaran cara membangun customer loyalty. Tapi, apakah Anda sudah mengetahui cara membangun customer loyalty? Berikut cara membangun customer loyalty.

Mengenali Pelanggan dan Membiarkan Pelanggan Mengenal Bisnis

Pelanggan akan merasa lebih setia jika mereka merasa dihargai. Oleh karena itu, menjalin hubungan yang lebih personal dengan para konsumen. Ada berbagai cara untuk melakukan hal tersebut, misalnya saja dengan mengirim email ucapan selamat ulang tahun.

Customer Loyalty Program

Berikan pelanggan setia penghargaan khusus. Anda bisa memberikan program atau promosi khusus untuk pelanggan yang telah setia dalam jangka waktu tertentu.

Mendorong Feedback dari Customer

Hubungan dengan customer juga akan terjalin jika Anda rajin mendengar masukan dari mereka. Jika mereka terbiasa memberi masukan, maka mereka akan merasa lebih memiliki dan terlibat dalam brand.

Terakhir, jika Anda menerapkan customer loyalty bisa menghindari latent loyalty. Terlebih latent loyalty adalah seorang konsumen yang memiliki sikap relatif yang tinggi, tetapi tingkat pembelian ulangnya rendah. Maka dari itu, loyalty program contoh bisa diterapkan untuk mendatangkan cuan yang pasti.

Bisnis Oke dengan Ainee

Menerapkan customer loyalty dalam bisnis memang penting. Terlebih cara ini bisa mendatangkan cuan yang pasti melalui pelanggan yang setia. Tapi, apakah Anda tahu bahwa membuat bisnis menjadi oke bisa dibantu oleh Ainee.

Faktanya, Ainee sangat membantu untuk meningkatkan customer loyalty. Alasannya, karena Ainee memiliki banyak sekali manfaat, seperti mengolah data pelanggan dan manajemen pelanggan (CRM) hingga sistem loyalty untuk pelanggan! Jadi, engga perlu ragu lagi, deh dengan Ainee! Yuk, daftar dan gunakan Ainee sekarang!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application