Sign Up
Faqs > General

8 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty Terbukti Cuan!

Apakah Anda sadar bahwa sebuah bisnis harus bisa meningkatkan customer loyalty. Tujuannya untuk bertahan serta mendorong pertumbuhan kegiatan bisnis. Terlebih saat ini adalah era digital, sebagai pemilik bisnis di e-commerce Anda tidak perlu heran lagi mengapa e-commerce dapat meningkatkan customer loyalty. Karena, hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan cuan yang ada.

Oleh karena itu, Anda harus menciptakan dan menumbuhkan loyalitas konsumen dan memberi alasan mengapa audience Anda harus datang kembali membeli produk yang ditawarkan.

Penasaran bagaimana cara meningkatkan customer loyalty? Yuk, scroll ke bawah untuk mengetahui banyak informasi lainnya, seperti strategi meningkatkan customer loyalty! Pastinya, seluruh pertanyaan tentang customer loyalty terjawab dan Anda tidak akan kalah lagi dengan kompetitor, deh.

Apa Itu Customer Loyalty?

Memang customer loyalty sangat penting dan berdampak bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Tapi, apakah Anda tahu apa itu customer loyalty? Customer loyalty adalah sebuah rasa kesetian konsumen dalam menikmati setiap produk atau layanan yang mereka gunakan. Mereka akan setia kepada brand, serta produk dan layanan yang digunakan. Terlebih customer loyalty juga berdampak pada peningkatan profil perusahaan.

Secara umum customer loyalty adalah sebuah wujud rasa setia konsumen untuk menggunakan suatu produk atau jasa yang dilakukan secara berulang atau terus menerus. Hal tersebut memberikan rasa puas yang tinggi terhadap produk atau jasa yang mereka gunakan. 

Kemudian, dapat menimbulkan rasa untuk merekomendasikan sebuah produk atau jasa ke orang lain, agar mereka juga ikut merasakan apa yang dirasakan saat menggunakan produk tersebut.

Sedangkan, definisi menurut para ahli konsumen yang loyal adalah orang yang melakukan pembelian secara teratur, membeli antar lini produk atau jas yang sama, mereferensikannya kepada orang lain, dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan kompetitor. Jadi, loyalitas bukan hanya sekedar persentase dari konsumen yang belum membeli, melainkan dari pembelian ulang.

Selain itu, terdapat 8 tahapan customer loyalty dalam bisnis menurut Griffin, yaitu:

  • Suspect: Orang yang memiliki kemungkinan akan membeli produk atau jasa.
  • Prospek: Orang yang membutuhkan produk atau jasa anda dan memiliki kemampuan untuk membeli.
  • Prospek yang Diskualifikasi: Prospek yang telah cukup Anda pelajari untuk mengetahui bahwa mereka tidak membutuhkan atau tidak memiliki kemampuan membeli produk.
  • Pelanggan Pertama kali: Orang yang telah membeli dari anda satu kali. Orang tersebut bisa jadi pelanggan Anda dan sekaligus juga pelanggan pesaing Anda.
  • Pelanggan Berulang: Orang-orang yang telah membeli dari Anda dua kali atau lebih.
  • Client: Orang ini membeli secara teratur. Anda memiliki hubungan yang kuat dan berlanjut, yang menjadikannya kebal terhadap tarikan pesaing.
  • Penganjur (Advocate): Seperti klien, Pendukung membeli apapun yang Anda jual dan dapat digunakan serta membelinya secara teratur. Tetapi, penganjur juga mendorong orang lain untuk membeli dari anda. Ia membicarakan Anda, melakukan pemasaran bagi anda, dan membawa pelanggan kepada anda.
  • Pelanggan atau Client yang hilang: Seseorang yang pernah menjadi pelanggan atau klien tetapi belum membeli kembali dari anda sedikitnya dalam satu siklus pembeli yang normal.

Pentingnya Customer Loyalty dalam Bisnis

Sebelumnya sudah disinggung bahwa meningkatkan loyalitas adalah hal yang penting dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, Anda harus bisa menciptakan konsumen yang loyal dalam bisnis dan memperoleh cuan yang berkelanjutan. Berikut pentingnya customer loyalty dalam bisnis.

Tidak Membutuhkan Biaya untuk Menarik Perhatian Konsumen Lama

Faktanya, menarik perhatian konsumen baru lebih banyak memakan biaya dibandingkan dengan konsumen lama. Terlebih konsumen lama bisa disebut sebagai ladang emas yang telah ada, namun seringkali terlupakan. Oleh karena itu, Anda juga bisa membuat cara agar mempertahankan konsumen yang ada dengan cara, seperti memberikan promo. Tentunya, latent loyalty adalah hal yang dihindari dari customer loyalty. 

Memberikan Lebih Banyak Pendapatan

Tahukah Anda general loyalty adalah cara yang tepat memberikan lebih banyak pendapatan. Jika brand sudah mendapatkan rasa percaya dari konsumen dengan produk atau layanan yang diberikan, maka mereka tidak akan ragu untuk membayar lebih tentang hal tersebut. Dan juga mereka akan lebih sering membeli dibandingkan dengan konsumen baru.

Membuat Konsumen Tidak Labil

Perlu disadari bahwa dari waktu ke waktu konsumen cenderung semakin labil. Sehingga, Anda membutuhkan cara untuk mengatasi hal tersebut terjadi dengan cara pendekatan kepada konsumen. Loyalitas dapat memainkan perannya untuk mengurangi kelabilan konsumen. Tanpa loyalitas sebuah brand dapat rugi karena berkurangnya sumber pemasukan.

Memberikan Pengaruh Positif kepada Karyawan

Jika konsumen puas, maka mereka akan cenderung untuk tidak memberikan komplain kepada karyawan, karena pelayanan yang dirasa kurang. Sehingga, karyawan yang bekerja di perusahaan yang dihargai oleh para konsumen serta akan lebih produktif karena suasana di tempat kerja yang mendukung.

Mengurangi Biaya Bantuan Konsumen

Secara tidak langsung dengan adanya konsumen yang loyal akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk bantuan konsumen. Alasannya, karena mereka sudah terbiasa dengan layanan atau produk Anda, maka mereka tidak perlu lagi banyak bantuan selayaknya konsumen baru. Hal tersebut merupakan contoh loyalitas pelanggan.

8 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty

Persaingan yang terjadi antara sebuah brand sangat ketat, sehingga mereka harus cerdas agar produk yang mereka tawarkan tetap diminati oleh konsumen lama. Berikut cara meningkatkan loyalitas konsumen menurut para ahli yang bisa Anda coba.

Memberikan Member Card 

Memberikan member card adalah cara untuk memberikan layanan yang berbeda khusus konsumen yang memilikinya. Sehingga, mereka akan merasa mendapatkan pelayanan khusus, harga khusus, dan mendapatkan reward lebih dibandingkan dengan konsumen yang tidak memiliki member card. 

Namun, banyak program loyalitas yang ditawarkan oleh perusahan menjadi semakin sulit untuk menarik perhatian konsumen suatu program. Maka, perusahaan harus jeli dalam menyusun program loyalitas konsumen agar dapat memberikan nilai tambah yang relevan bagi konsumen dan membangun ikatan terhadap produk secara jangka panjang.

Memberikan Peningkatan Kualitas Produk

Sebagai brand yang peduli dengan konsumennya tentu harus memastikan seluruh produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik. Sehingga, brand harus melakukan pengecekan atau double QC untuk memastikan secara terus menerus produk yang berkualitas dan tidak menurun.

Memberikan Voucher

Siapa yang tidak tertarik dengan voucher? Voucher biasanya digunakan untuk menarik minat konsumen sekaligus untuk melakukan promosi produk atau sebuah brand. Perusahaan juga sering memberikan voucher secara gratis, sehingga membuat konsumen antusias untuk membeli kembali produk.

Memberikan Point Rewards

Point reward merupakan strategi yang ampuh untuk membuat konsumen membeli dan menggunakan produk kita. Konsumen senang dengan program pemberian hadiah atau program bonus. Point reward dapat diterapkan dengan cara memberikan point kepada pembeli yang membeli produk dengan jumlah tertentu. Kemudian poin dikumpulkan dapat ditukarkan dengan hadiah tertentu sesuai dengan jumlah poin konsumen.

Memberikan Pelayanan yang Memuaskan

Pelayanan yang memuaskan adalah salah satu hal yang mendukung sebuah penjual. Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen agar mereka datang kembali untuk membeli produk atau jasa. Jadi, konsumen harus merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh sebuah brand.

Memberikan Inovasi Produk

Apabila Anda hanya menjual satu atau beberapa jenis dapat membuat konsumen tidak tertarik lagi untuk membelinya. Oleh karena itu, Anda harus menciptakan sebuah produk yang telah di inovasi untuk membangun rasa loyalitas konsumen. 

Faktanya, kebutuhan konsumen terus berubah dan ingin mendapatkan lebih seiring berjalannya waktu. Anda bisa mulai dengan cara mengganti kemasan produk, jasa layanan, dan cara pengiriman barang. 

Menciptakan Produk Baru

Perusahaan harus melakukan inovasi terhadap produknya karena konsumen cepat bosan. Sehingga, perusahaan harus melakukan strategi untuk mengembangkan produk-produknya dengan cara menambahkan varian-varian baru. Agar pelanggan tidak meninggalkan produk dan beralih ke kompetitor produk Anda.

Ainee Ampuh Tingkatkan Customer Loyalty Anda

Setelah mengetahui apa itu customer loyalty pelanggan adalah sebuah kepentingan bagi bisnis yang tengah berjalan. Tentunya pelanggan yang setia sangat mempengaruhi cuan yang bisa Anda dapatkan. Nah, pastinya Anda tidak mau kelewatan untuk mendapatkan cuan, kan? 

Faktanya, Ainee sangat ampuh untuk meningkatkan customer loyalty bisnis Anda. Jika menggunakan Ainee bisa mencari tahu lebih lanjut strategi loyalty dan cara implementasinya. Jadi, sistem manajemen pelanggan (CRM) hingga sistem loyalty untuk pelanggan bisa diatasi, deh! Cek Ainee sekarang!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application