Sign Up
Faqs > General

5 Tips dan Manfaat Membuat Menu Online untuk Bisnis Kuliner

menu online ainee

Anda pasti pernah pergi ke suatu tempat makan, lalu menu yang biasanya diberikan dalam bentuk buku atau kertas, di era digital ini justru Anda diminta untuk scan QR code untuk melihat menu online lewat smartphone Anda. Hal itu merupakan salah satu kemajuan teknologi, lho, dan menu online ternyata efektif sebagai strategi pemasaran bisnis, misalnya kuliner. Cari tahu selengkapnya tentang tips dan manfaat menu online pada artikel ini, ya!

Apa yang Dimaksud dengan Menu Online?

Persis dengan namanya, menu online adalah menu template yang dirancang khusus melalui QR code sehingga dapat di-scan oleh QR code scanner, lalu pembeli dapat langsung melihat daftar menu cafe, tempat makan, atau restoran jenis lainnya dengan sangat mudah dan cepat. Tidak perlu kontak dengan pramusaji, menyentuh buku atau kertas menu, melainkan hanya perlu scan menu online QR code pada smarthphone Anda.

Nantinya, setelah Anda scan QR code dan proses pemindai kode berhasil, akan muncul sebuah pop up di atas layar smartphone, dan Anda akan diarahkan menuju sebuah URL atau tautan tertentu. Lalu, muncullah tulisan berisi menu makanan. Untuk desain menu online, biasanya desain menu online cafe atau mungkin tempat makan biasa akan berbeda. Tapi, konsepnya tetap sama, ya.

Apalagi, mengetahui dunia masih dilanda oleh pandemi, sehingga mengharuskan semua orang untuk tetap contactless dan touchless. Hal ini turut membuat konsep menu online menggunakan QR code semakin meningkat popularitasnya.

Bagi Anda yang terrjun ke dalam bisnis kuliner dan ingin mencoba suatu hal yang modern dan juga efektif dalam hal pemasaran, Anda bisa mencoba untuk membuat desain menu makanan online melalui online menu generator free atau menu maker yang banyak beredar secara online. Bahkan, ada aplikasi membuat menu makanan di Andorid dan juga iOS, lho.

Manfaat Aplikasi Menu Digital untuk Bisnis Kuliner

Perdalam pengetahuanmu tentang menu online, menu digital, atau yang sering juga disebut e-menu berikut ini, yuk.

Pengalaman Pesan Makan Semakin Mengesankan

Anda pernah, bukan, datang ke suatu tempat makan untuk pesan makanan dan minuman, lalu mengharapkan juga pelayanan super maksimal dari pramusaji? Nah, coba posisikan diri Anda di calon pembeli Anda, pasti mereka juga menginginkan hal yang sama. Oleh karena itu, menggunakan menu online tentunya akan memberikan pengalaman pesan makanan dan minuman yang unik, modern, dan canggih.

Selain itu, tiap menu design online yang ditawarkan oleh suatu tempat makan pun akan berbeda-beda, dan mereka punya ciri khas masing-masing sesuai dengan citra brand yang ingin dikenalkan. Hal ini akan mampu mempertahankan loyalitas konsumen ataupun menambah konsumen baru, salah satunya juga karena tampilan menu yang lebih menarik dan dapat langsung pesan makanan dan minuman tanpa harus memegang buku menu.

Proses Memesan Makanan dan Minuman Akan Lebih Gesit

Anda tentu tahu, dong, era teknologi saat ini hampir didominasi oleh milenial dan Gen Z? Sedangkan, kaum millennial dan Gen Z tidak bisa dipisahkan dari yang namanya teknologi, meskipun untuk bisnis kuliner sekalipun. Rata-rata, semua orang juga ingin sesuatu yang cepat dan mudah, sehingga menu online ini adalah solusinya!

E-menu akan memeprcepat proses pemesanan makanan dan minuman karena pembeli dapat melihat menu dengan lengkap dan tidak harus berbagi buku menu dengan orang lain. Selain itu, pembeli juga bisa tambah atau hapus daftar pesanan dan langsung pesan menggunakan samrtphone mereka. Tidak perlu panggil pramusaji juga untuk request sesuatu.

Memberikan Kemudahan terhadap Pembaruan Harga dan Menu

Jika Anda ingin memperbarui menu dan harga makanan/minuman, tidak perlu sulit-sulit print ulang kertas, lalu disusun dalam buku kembali. Semua serba digital, sehingga Anda hanya perlu update menu dan harga secara online, bisa melakukan di manapun dan kapanpun juga, terutama jika ada promo mendadak.

Menerapkan Cross-Selling

Cross selling adalah strategi marketing yang perlu identifikasi jelas terhadap kebutuhan konsumen, dengan kata lain, kemungkinan besar ada manfaat yang lebih bagus ketika si konsumen membeli produk tambahan. Dalam kasus bisnis kuliner, Anda bisa dengan mudah melakukan cross-selling, yaitu menawarkan produk yang jarang dipesan dan dijadikan promo berbarengan dengan menu-menu utama, sehingga produk tersebut pun bisa ikut cepat laku.

Daya Saing Bisnis Anda Ikut Meningkat

Di era modern seperti ini, Anda harus lebih aware terhadap industri kuliner yang semakin kompetitif. Ada banyak strategi yang harus berubah dan menyesuaikan dengan zaman serta kebutuhan konsumen. Menu online ini bisa jadi andalan Anda untuk meningkatkan daya saing. Selain membuat tempat makan unik, berbeda dari yang lain, benefitnya akan lebih terasa juga.

Menampilkan Menu yang Menarik

Sebuah studi menemukan bahwa sekitar 77% konsumen akan melihat menu atau website suatu tempat makan yang ingin dikunjunginya via website. Maka dari itu, dari e-menu inilah Anda juga bisa memberikan tampilan template menu simple, menu spesial, harga promo, tapi tetap menyampaikan pesan tersendiri, dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan citra brand Anda.

Langkah Desain Menu Makanan Online dengan Canva

Canva bisa jadi salah satu menu maker secara online, lho. Selain pengerjaannya yang mudah, fitur yang ada di Canva juga lengkap, Anda juga bisa membuat menu design online dengan cepat. Berikut tips membuat menu makanan menggunakan Canva.

Pertama, Buka Canva

Hal pertama yaitu Anda bisa buka Canva di browser. Jika belum punya akun, Anda harus membuat akun terlebih dahulu supaya proses download design bisa lebih mudah. Kalau sudah punya akun, maka Anda bisa mulai membuat menu dari awal atau cukup pilih design menu yang tepat untuk Anda, Canva sudah punya pilihan, lho.

Memilih Template

Anda bisa memilih template dari perpustakaan layout yang sudah di-design dengan indah. Silakan pilih yang sesuai dengan yang Anda inginkan dan juga citra brand.

Penyesuaian Menu

Berikutnya, Anda dapat upload foto produk atau design-design lain dari perangkat Anda, atau pilih menu-menu dari stok yang telah disediakan oleh Canva.

Pergunakan Fitur Canva

Apabila Anda ingin banyak gambar untuk membuat menu lebih menarik, maka Anda bisa mencarinya di perpustakaan media besar Canva. Isinya ada gambar, ilustrasi, bahkan vektor gratis dan juga premium. Buatlah Canva sebagai menu list maker juga yang bisa dengan mudah menggunakan filter foto ataupun bingkai.

Cetak Design, deh!

Langkah terakhir yaitu mencetak design. Simpan design Anda, klik “Bagikan,” lalu pilih “Bagikan tautan untuk melihat.” salinlah tautan yang tersedia. Nantinya, pada aplikasi menu creation online menggunakan QR code, Anda bisa menyisipkan tautan gambar menu yang Anda buat di Canva. Unduh QR code dan share ke konsumen Anda. Selesai!

Tips Membuat Menu Online yang Mampu Tingkatkan Sales

Simak tips membuat menu online berikut agar rmampu tingkatkan sales bisnismu!

Update Menu Itu Penting

Sekalinya Anda selesai membuat menu online, bukan berarti berhenti sampai di situ saja. Bisnis kuliner termasuk dinamis, ada hal-hal yang harus Anda lakukan untuk tetap menarik konsumen dan mempertahankan loyalty. Caranya yaitu dengan terus upgrade menu dan harga menu. Gunakanlah hari libur nasional, hari-hari penting lainnya, lalu upgrade promosi dan strategi cross-selling Anda.

Menu Harus Mudah Dibaca

Memang, design menu makanan tergantung dengan personal branding, tapi Anda juga wajib membuat menu makanan dan minuman online yang mudah dibaca. Kelompokkan menu sesuai jenisnya atau rasanya. Buatlah menu juga mudah dicari, sehingga pembeli tidak akan bingung ketika pertama kali melihat menu online Anda. Hal ini dapat meningkatkan pelayanan, lho.

Gunakan Logo atau Ciri Khas Bisnis Kulinermu

Logo bisnis Anda dapat Anda masukkan ke dalam menu online sebagai tambahan gambar agar pembeli dapat dengan mudah mengenali bisnis Anda. Selain memudahkan mereka, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness.

Pastikan Menu Anda Dapat Dicari di Search Engine

Tidak harus mendalami Search Engine Optimization (SEO), kok, untuk menerapkan tips ini. Yang penting, ketika Anda upload menu online Anda, search engine dapat melakukan crawling dari keyword yang Anda gunakan. Untuk memulai, cobalah untuk mencari tahu tentang keyword yang sering dicari oleh pembeli Anda, lalu gunakan keyword tersebut, ya.

Beri Highlight terhadap Best-Selling Menu

Tips ini dapat Anda terapkan untuk membuat pembeli semakin tertarik mencoba menu Anda. Sebab, biasanya, menunjukkan atau memberi highlight terhadap menu yang paling sering dibeli akan membuat pembeli percaya kalau bisnis kuliner Anda memang sudah banyak yang coba dan rata-rata reviewnya bisa dibilang top. Beri promo juga untuk delivery atau take-away supaya promo yang Anda berikan variatif dan efektif menambah cuan!

Itulah seputar menu online, mulai dari pengertian, manfaat, cara membuat, hingga tips membuat menu online QR code menggunakan Canva dan secara umumnya. Saatnya giliran Anda untuk mulai menerapkan tips-tips tersebut, terutama untuk meningkatkan sales bisnis kulinermu dan mempertahankan loyalitas konsumen.

Loyalitas Konsumen Kuliner Meningkat dengan Bantuan Ainee

Ingin bisnis kuliner makin cuan? Bisa banget. Selain membuat menu online QR code, Anda dapat coba menggunakan Ainee, lho, terutama teknologi scan and order QR code. Setelah Anda scan QR code menu online, Anda bisa dengan mudah pesan lewat Ainee. Tak hanya itu, Ainee juga punya layanan manajemen pelanggan (CRM) dan loyalty program. Yuk, daftar Ainee gratis!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application