Sign Up
Faqs > General

9 Untung Pakai Sistem Order Online bagi Bisnis Restoran

order online ainee

Pada era yang semakin ke arah digital ini, Anda mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya order online, bukan? Anda juga pastinya pernah melihat menu restaurant dan akhirnya order makanan atau minuman online. Kalau itu dari segi pembeli, lalu apa untungnya bagi Anda yang menjalani bisnis restoran kuliner, ya? Di artikel ini, akan dibahas tuntas mengenai sistem order online hingga tips bisnis kuliner!

Apa yang Dimaksud dengan Order Online?

Pertama-tama, order adalah memesan. Karena zaman semakin berkembang, maka rata-rata semuanya serba online. Order online bisa berarti order pakaian online, sepatu online, bahkan makanan online. Namun, karena konteks artikel kali ini adalah bisnis kuliner dengan konsep order online, baik itu scan barcode online/QR code melalui aplikasi, maka yang akan lebih detail dibahas yaitu seputar order makanan online, ya.

Sekarang, apa-apa sudah menggunakan sistem digital. Banyak aspek dalam kegiatan sehari-hari ikut dipermudah karena berkembang pesatnya teknologi, salah satunya dengan sistem order makanan online atau yang kerap kali disebut food ordering system.

Proses order online yang paling umum adalah Anda dapat mendaftarkan bisnis kuliner Anda di aplikasi order makanan online. Lalu, pembeli bisa mencari tempat makan Anda di aplikasi, melakukan pemesanan, bayar secara online menggunakan dompet digital atau lainnya, dan makanan pun akan diproses untuk dikirimkan kepada pembeli.

Selain order online menggunakan aplikasi, Anda juga bisa membuat QR code untuk scan menu online. Nantinya, Anda bisa testing QR code dengan QR scanner. Jangan lupa bahwa QR code dan barcode itu berbeda, ya.

Barcode adalah kode batang yang berguna untuk menandakan informasi suatu produk, sedangkan QR code adalah kode dua dimensi yang akan mengarahkan Anda menuju informasi via URL pada smartphone Anda. QR dapat Anda buat dengan QR code generator. Dan, barcode dapat dideteksi dengan scan barcode Google dan scan barcode tanpa aplikasi seperti menggunakan situs. 

Jka dipikir-pikir, tentu ada banyak manfaat yang timbul dari sistem order online ini. Dampak besar juga Anda rasakan ketika Anda dapat membandingkan antara jualan tanpa adanya sistem order online dengan mulai menggalakan sistem order online. Cara modern yang lebih praktis pasti akan efisien dan juga hemat tenaga kerja, bukan? Mau tahu manfaat lengkapnya?

Apa Keuntungan Sistem Order Online bagi Bisnis Kuliner?

Ini dia 10 manfaat atau keuntungan sistem order online bagi bisnis kuliner. 10 hal inilah yang harus jadi pertimbangan Anda untuk mulai menggunakan sistem order online, nih. Simak selengkapnya.

Proses Pesan Makanan yang Mudah

Biasanya, jika konsumen ingin take-away (makanan dibawa pulang) sekalipun, mereka tetap harus datang ke tempat makan secara langsung dan request untuk makanan yang dipesannya dapat dibawa pulang. Tetapi, dengan proses order online, Anda tidak perlu sulit membuat website khusus, tapi cukup daftarkan bisnis Anda ke aplikasi order online yang terintegrasi dengan sistem Point of Sale (POS).

Manajemen Pesanan yang Lebih Tertata

Prosesnya  yaitu pesanan yang diterima akan masuk ke perangkat Anda secara otomatis, lalu Anda dapat mengelola manajemen pesanan dengan mudah. Bahkan, detail pesanan dapat dilihat dengan jelas di aplikasi. Makanan pun bisa segera disiapkan berdasarkan urutan yang memesan. Dengan ini, konsumen tidak akan menunggu terlalu lama untuk mendapat pesanannya. Intinya, sistem order online ini dapat menyederhanakan keseluruhan proses.

Selain itu, karena manajemen pesanan lebih tertata, maka hal ini turut mengurangi kesalahan pencatatan pesanan pembeli.

Mudah Mengelola Database Konsumen

Tidak hanya manajemen pesanan, tapi mengelola database konsumen juga akan lebih mudah dan efisien menggunakan sistem CRM (manajemen pelanggan). Lagipula, Ainee juga punya, lho, fitur CRM untuk bantu Anda manajemen pelanggan yang praktis, ditambah layanan lain seperti loyalty program!

Dengan adanya sistem order online, Anda akan memiliki data spesifik mengenai menu yang sering diepsan oleh konsumen Anda, sehingga ini bisa menjadi landasan strategi marketing selanjutnya.

Meningkatkan Penjualan

Percaya atau tidak, kebanyakan orang akan beli makanan langsung banyak jika mereka sedang dalam kondisi lapar? Atau mereka akan langsung pesan makanan online terdekat apabila lagi banyak promo menarik? Itu betul! 

Biasanya, konsumen pun akan membuka aplikasi order makanan online jika memang ingin memesan makanan. Maka dari itu, dengan hadirnya sistem order online, tentu akan memudahkan Anda dalam mempromosikan penjualan, alhasil sales pun naik. Usahakan untuk unggah foto makanan yang real dan menarik juga, ya!

Mengelola Menu Online Jadi Mudah

Sebagai penjual, Anda dapat mengelola menu, update menu dan harga di manapun dan kapanpun sesuai dengan promo yang ingin Anda berikan. Mau atur iklan atau persediaan juga bisa hanya dengan bantuan gadget.

Minimalisir Antre Konsumen dan Mendorong Cashless System

Daripada konsumen pesan makanan online bayar di tempat, lebih baik mereka bisa menggunakan metode cashless atau pembayaran non tunai alias dengan transfer bank, dompet digital, atau scan QR code. Hal ini akan meminimalisir antrean konsumen sebab, mereka hanya perlu memesan makanan via online, bayar sendiri, dan menunggu pesanan datang.

Efisiensi Tenaga Kerja

Bisnis kuliner yang dilakukan secara manual pastinya membutuhkan manpower atau tenaga kerja yang lebih banyak dibanding dengan sistem order online, terutama di bagian kasir. Sistem order online terbukti mampu manage order yang lebih efisien dengan pembayaran yang otomatis, sehingga Anda bisa mengurangi budget untuk gaji karyawan.

Tak Hanya Itu, Kurangi Juga Kecurangan Kasir

Selain efisiensi tenaga kerja, sistem order online juga mampu mengurangi potensi kecurangan yang mungkin sering terjadi di area kasir. Masih berhubungan dengan bayar cashless, nantinya laporan pembayaran akan tercatat secara otomatis, kapasitasnya pun akan lebih tinggi daripada tenaga kerja manual, dan Anda pun tidak perlu khawatir adanya kerugian.

Jangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Zaman se-modern ini, yakin mau pesan makanan tanpa aplikasi? Buat para pembeli, sistem ordern online akan sangat memudahkan Anda makan makanan yang mungkin jauh dari tempat tinggal. Bagi penjual, Anda pun juga mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. Misalnya, konsumen yang tinggal di daerah A bisa order makanan yang letaknya di daerah B dengan mudah dan cepat, lho.

Tips Bisnis Kuliner di Era Digital

Manfaat dari online ordering system free (jika Anda memberikan promo gatis ongkir, misalnya), ataupun yang berbayar dalam bisnis kuliner sudah paham, sekarang giliran 2 tips berbisnis kuliner di era digital ini, yuk, simak!

First, Tentukan Ide Dulu

Hal pertama yang patut dilakukan pastilah mencari ide bisnis kuliner terlebih dahulu. Kuliner seperti apa yang ingin Anda jual? Makanan atau minuman? Bagaimana trend target pasar Anda terhadap ide kuliner tersebut? Apakah permintaannya banyak?

Usahakan Anda cari tahu segalanya dulu tentang ide bisnis kuliner, target pasar Anda, trend kuliner, bisa melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, atau TikTok. Nah, kalau sudah punya idenya, saatnya tentukan nama, kemasan yang disesuaikan dengan target konsumen Anda dan jenis makanan, sert branding.

Ingat, ya, branding itu penting, tentukan logo, warna dominan, dan nama yang mudah diingat juga agar lebih cepat meningkatkan brand awareness.

Planning Budget, dan Rantai Pasok Bahan dan Distribusi

Planning budget dan modal itu sudah pasti penting. Anda harus hitung-menghitung budget yang akan keluar untuk operasional bisnis kuliner. Hal ini juga beriringan dengan budget untuk pasok bahan dan pendistribusian. Pastikan bahan makanan yang Anda gunakan selalu fresh serta paham tanggal kadaluarsa.

Lebih bagus lagi jika Anda rajin membuat target bulanan, per 3 bulan, atau per tahun. Nantinya, aliran uang akan lebih transparan dan Anda pun mampu menerapkan strategi-strategi bisnis kuliner yang lain.

Ternyata, sistem order online menggunakan QR code atau aplikasi order merupakan strategi yang efektif bagi bisnis kuliner. Nantinya, Anda bisa mix antara menggunakan QR code untuk scan menu online, lalu menggunakan barcode untuk menandai bahan makanan/minuman agar lebih mudah identifikasi informasi lengkapnya. Anda bisa scan barcode Google ataupun scan barcode tanpa aplikasi.

Ainee, Bantu Anda Pertahankan Loyalitas Konsumen!

Ayo, cobain pakai Ainee, karena Ainee punya layanan scan and order, lho. Jadi, Anda bisa scan menu makanan secara online, dan langsung pesan via Ainee. Gak cuma itu aja, Ainee juga punya layanan lain seperti CRM dan loyalty program. Yuk, daftar gratis sekarang, dijamin sales bisnis kuliner langsung naik drastis!

 

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application